Minggu, 17 Mei 2015

Pengolahan Daun Salam Untuk Kesehatan

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Oke sahabat herbal mas Yudist, sebelumnya mas Yudist udah memberi tahu tentang penggunaan daun salam untuk masakan, Nah, sekarang mas Yudist akan memberi tahu pengolahan daun salam untuk kesehatan yang pastinya sangat perlu untuk sahabat ketahui. Karena disinilah puncak dari pembahasan mengenai manfaat daun salam untuk kesehatan.Tanpa perlu waktu lama ayo dibaca artikel dibawah ini ya sahabat :).

Pengolahan Daun Salam Untuk Kesehatan
          Penggunaan daun salam sebagai obat tradisional telah diketahui sejak zaman dahulu, biasanya warga desa menggunakan daun salam untuk pengobatan penyakit diare dan asam urat. Namun setelah berkembangnya zaman mulai banyak peneliti tentang khasiat daun salam, diantaranya diketahui bahwa daun salam dapat mengobati penyakit maag, kencing manis, asam urat, hipertensi, dan membantu menurunkan kadar kolesterol.
            Daun salam memiliki cukup banyak kandungan vitamin C dan vitamin B kompleks yang sangat berguna dalam penyembuhan asam urat. Selain itu, daun salam juga mengandung minyak atsiri ( 0,05% ). Mengandung sitral dan eugenol, tanin, dan flavonoida.
1.  Menurunkan Kolesterol dan Diabetes
          Sediakan 10-15 lembar daun yang masih segar, cuci sebentar kemudian rebus dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas saja. Setelah dingin lalu saring air rebusan daun salam tersebut dan minum sekaligus di malam hari. Lakukan secara teratur agar kolesterol maupun diabetes cepat sembuh.
( Prof. Sidartawan, 2003 : 18 ) Diabetes itu seperti rayap, bekerja diam-diam merusak organ di dalam tubuh. Diabetes sering disebut sebagai “The Silent Killer”.

2.  Membantu Menurunkan Berat Tubuh
          Manfaat daun salam untuk menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan cara, cuci 20-30 lembar daun salam kemudian rebus bersama empat gelas air. Setelah tersisa 2 gelas, angkat dan dinginkan.Minum dua kali sehari, pagi dan malam masing-masing satu gelas agar berat badan turun.
3.  Mengobati Kencing Manis
          Rebus 7-15 daun dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas saja. Saring dan tunggu sampai dingin kemudian minum sekaligus sebelum makan. Lakukan dua kali dalam sehari supaya khasiat daun salam diserap oleh tubuh.
4.  Menurunkan Tekanan Darah
          Sediakan 7-10 lembar daun salam yang masih segar, rebus bersama tiga gelas air sampai tersisa satu gelas air. Setelah dingin, saring kemudian minum sehari dua kali, masing-masing setengah gelas.
5.  Mengobati Maag
          Daun salam dapat menjadi obat alami untuk penyakit maag. Cara yang dilakukan adalah cuci bersih 15-20 lembar daun salam segar. Rebus dengan setengah liter air sampai mendidih selama 15 menit.Tambahkan gula aren secukupnya.Setelah air rebusan dingin, minum airnya sebagai the herba.Lakukan setiap hari sampai rasa perih dan penuh di lambung hilang.
6.  Meringankan Asam Urat
            Keringkan 10 lembar daun salam kemudian rebus bersama 10 gelas air. Tunggu hingga tersisa tujuh gelas, lalu minum setelah dingin. Lakukan teratur setiap hari agar penyakit asam urat anda cepat sembuh.
7.  Mengobati Diare Secara Alami
          Selain menggunakan buah jambu biji yang masih muda, daun salam juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit diare. Sediakan 15 lembar daun salam segar. Rebus dalam dua gelas air sampai mendidih. Tambahkan sedikit garam dan tunggu sampai dingin.Minum air tersebut sekaligus agar diare cepat sembuh.
8.  Obat Radang Lambung
          Cara untuk mengatas radang lambung dengan menggunakan daun salam adalah 30 gram daun salam segar ditambah 30 gram daun sambiloto kering, lalu direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc air, kemudian saring, tambahkan gula batu, minum selagi hangat, masing-masing 150 cc, minum pada waktu pagi dan sore.
9.  Untuk Mengatasi Stroke

          Cara menggunakan daun salam untuk mengatasi penyakit stroke yaitu, ambil 10 lembar daun salam dan 50 gram jantung pisang. Setelah itu buat menjadi masakan sesuai selera untuk dikonsumsi penderita stroke.

0 komentar:

Posting Komentar