Minggu, 17 Mei 2015

Manfaat Daun Salam Untuk Mengobati Diabetes

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Baik sahabat herbal, bagaimana ulasan blog mas Yudist tentang manfaat daun salam untuk penyakit stroke? Apakah sahabat sudah mengetahuinya? Mas Yudist kira sudah hampir semuanya paham dan mengerti ya. Selanjutnya mas Yudist akan membahas manfaat daun salam untuk penyakit diabetes. Penyakit ini pastinya sudah tidak asing lagi di dengar oleh sahabat herbal semua. Sudah banyak juga produk yang menawarkan untuk mencegah ataupun mengobati penyakit diabetes ini, tapi untuk menghilangkan efek samping ataupun harga yang ekonomis, mas Yudist akan memberi tahunya dengan menggunakan daun salam. Mari sahabat membaca artikel dibawah ini.

Manfaat Daun Salam Untuk Mengobati Diabetes
          Penyakit diabetes banyak menyerang mereka yang memiliki potensi genetis dan tidak memperhatikan asupan glukosa dalam menu hariannya.Penyakit diabetes ini cukup berbahaya sebab bisa menyebabkan komplikasi di dalam tubuh manusia.Mencermati hal tersebut, pentin bagi kita untuk memperhatikan asupan gizi yang kita konsumsi.Jika terlanjut didiagnosa terkena diabetes, maka sebaiknya kita mengambil langkah medis di samping tetap mengontrol makanan.
            Ada beragam jenis obat untuk meringankan diabetes tersebut.Banyak pula diataranya yang memicu efek samping merugikan bagi penderita.Hali ini menjadi landasan para ilmuan melirik obat herba. Beberapa peneliti telah membuktikan khasiat daun salam untuk diabetes.
            Saat ini ada banyak produsen obatan herba yang menjual kapsul daun salam dengan harga yang terjangkau. Meski sudah diolah menjadi kapsul, namun manfaat daun salam untuk diabetes tidak berubah sama sekali. Pengemasan kapsul ini akan membuat proses pengobatan menjadi lebih praktis dibandingkan dengan pengolahan ramuan daun salam. Namun ada beberapa cara untuk menyajikan pengolahan ramuan terhadap daun salam. Siapkan bahan-bahan berupa :
  •          Daun salam kering sebanyak 5 sampai 7 lembar.
  • ·         Air bersih sebanyak 3 gelas.
  • ·         Setelah semua bahan siap.

Lakukan langkah berikut ini :
  • ·         Cuci bersih daun salam di air yang mengalir.
  • ·         Kemudian rebus bersama dengan 3 gelas air.
  • ·         Setelah susut menjadi kira-kira 1 gelas saja, angkat, dan diamkan hingga hangat.

Minum sebelum anda makan.Untuk hasil yang maksimal, minum ramuan ini 2 kali sehari.
Manfaat daun salm untuk diabetes ini tentu berkaitan erat dengan kandungan senyawa yang ada di dalamnya. Berdasarkan penelitian intesif, daun salam mengandung senyawa penting seperti minyak atsiri sebanyak 0,05% yang terdiri atas sitral, tanin, eugenol, flavonoid, dan masih banyak lagi lainnya. Senyawa yang dianggap paling berjasa menurunkan kadar gula adalah golongan flavonoid. Senyawa ini ( utamanya yang ada dalam bentuk glikosida ) ada dalam bentuk gugus-gugus gula dan mampu bertindak sebagai penangkap radikal hidroksil yang kenerjanya sama seperti amygdalin. Hal inilah yang menjadikan daun salam bersifat diabetogenik atau menurunkan kadar gula dengan baik.

Studi Preklinis yang dilakukan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Telnologi menemukan bahwa daun salam mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Flavonoid dalam daun salam berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mencegah terjadinya oksidasi sel tubuh, maka semakin tinggi kemungkinan seseorang untuk menderita penyakit degeneratif. Kandungan flavonoid pada daun salam dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula darah.

0 komentar:

Posting Komentar